Bandung Bakal Terang Benderang

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung merencanakan akan membangun sekitar 5.200 titik penerangan jalan umum (PJU) di ruas jalan Kota Bandung pada tahun 2013. Selain itu, Pemkot Bandung juga akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur dengan menaikkan anggaran hingga seratus persen lebih dari anggaran sebelumnya.

Demikian hal tersebut dikatakan Sekda Kota Bandung Edi Siswadi usai melakukan rapat dengan kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung Iming Ahmad dan camat se-kota Bandung di Balaikota, Selasa (4/9/12).

Menurut Sekda, pemkot telah mencanangkan pada tahun 2013 nanti untuk melakukan percepatan pembangunan di bidang infrastruktur. “Tahun depan kita sudah merencanakan untuk melakukan percepatan pembangunan jalan, trotoar, drainase dan PJU,” ujar Edi Siswadi.

Dijelaskan Edi, percepatan pembangunan itu telah masuk pada rencana anggaran APBD murni tahun 2013. Dan dalam APBD tersebut rencananya akan menganggarkan Rp 483 miliar. “Anggaran tahun 2012 untuk ketiga infrastruktur tersebut sekitar Rp 225 miliar, sedangkan pada anggaran tahun 2013 kami akan mengajukan Rp 483 miliar atau naik sekitar seratus persen lebih dari anggaran sebelumnya,” katanya.

Anggaran tersebut, lanjut Sekda, nantinya akan dialokasikan 50 persen lebih untuk jalan. Dan sisanya untuk drainase, trotoar dan PJU.

Untuk PJU sendiri, jumlah titik yang akan dibangun juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya yang membangun 560 titik PJU, tahun 2013 menjadi 5.200 titik PJU atau meningkat seribu persen.

Edi menjelaskan dana percepatan pembangunan infrastruktur itu diambil dengan menekan belanja hibah dan bansos. Kemudian menekan belanja pembangunan dan pemeliharaan kantor, kecuali kantor kecamatan dan kelurahan. “Mengurangi perjalanan dinas ke luar negeri, belanja barang termasuk belanja kendaraan,” katanya.

Menurut Edi, percepatan infrastruktur tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat Kota Bandung dengan baik sehingga roda perekonomian berputar lebih baik lagi. “Keluhan tentang infrastruktur salah satunya kurangnya penerangan jalan memang sangat banyak baik melalui aparat kewilayahan ataupun melalui media masa. Mudah-mudahan program ini semua bisa menjawab keluhan masyarakat tersebut,” ujarnya. (A-113/A-88)

sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/202200

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s